Header Ads

ads header

Jaga Ketahanan Pangan Disketapan Deiyai Bagikan Bibit Tanaman Produktif


Deiyai  - Dinasketapandeiyai.com - Guna menjaga ketahanan pangan di Kabupaten deiyai, maka Pemerintah  Kabupaten Deiyai melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), membagikan ratusan ribu bibit tanaman produtif bagi Kelompok Tani yang sudah di datakan oleh Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Deiyai, Stepanus Mote magaku, Kami Membagi bibit Sayur ini adalah Salah satu strategi baru dalam meningkatkan ketahanan pangan yaitu melalui pemanfaatan lahan pekarangan. Apabila lahan pekarangan dioptimalkan fungsinya, maka hal tersebut akan berkontribusi nyata terhadap ketahanan pangan.

Lanjut Kadis, Program pemanfaatan lahan pekarangan ini diadakan lantaran mayoritas Di kabupaten Deiyai masih belum memanfaatkan lahan pekarangannya secara optimal. Kondisi lahan pekarangan rumah masyarakat masih cukup luas sehingga berpotensi dalam hal penyediaan bahan pangan keluarga, mengurangi pengeluaran rumah tangga, bahkan mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Hari ini kami bagikan bibit sayur kepada 65 kelompok  Tani. Bibit yang bagi diataranya, sayar Kol, sayur Wortel, sayur Sawi. Pambagian ini dilakukan di Aula distrik Tigi Kabupaten Deiyai" ujarnya, Kamis (03/10/2023).

Stepanus juga Mengaku, Selama ini Kami datangkan sayur dari diluar kabupaten Lain untuk kebutuhan sehari-hari di kabupaten Deiyai, oleh sebab itu kami bagikan bibit sayur ini kepada Kelompom tani untuk memafaatkan pekarangan Rumah menjadi Lahan supaya memenuhi kebutuhan keluarga dan memenuhi ketahanan pangan di Kabupaten Deiyai.

“Target kita kedepan dari kita dinas ketahanan pangan dengan adanya   pembagian bibit ini, dua atau tiga tahun kedepan kita tidak lagi datangkan sayur lagi dari kabupaten lain dan kita akan nikmati dari hasil kita sendiri”.  Harapnya.

“Selain pemanfaatan lahan pekarangan, ibu Ice Agapa, Kabit Dinas Ketapan Deiyai, juga mengajak warga setempat untuk menanam bibit sayuran di lahan pekarangan rumah masing-masing dan kita angkat kita punya Oda dan owada yang tete nene moyang sudah ada itu”. Ajak Nya.

"Kami siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan mulai dari cara merawat, menyiram sampai memberikan pupuk bisa hubungi kami Ke kantor," imbaunya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.