Header Ads

ads header

YAKOBUS PIGAY, SE : DEIYAI BUTUH KEBUN SUMBER KOPI



 Jayapura-Anakkampung.com-Kopi kini menjadi komoditas uggulan yang memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat lokal, sebab kopi memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dapat menembus pasaran nasional bahkan internasional. Hal ini dapat dicapai bilamana ada kerja keras dari para pemilik petani kopi, pihak pemerintah dan dunia usaha yang bersinergi. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Deiyai Yakobus Pigai, SE  dalam sela-sela pertemuan di Balai Besar Induk (BBI) Tanaman Perkebunan Besum pada hari  Rabu, 26 November 2019.

Upaya mewujudkan hal tersebut harus melalui proses panjang yang resmi sesuai standar yang ditetapkan oleh Pemerintah. Itikad dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Deiyai adalah untuk membangun Kebun Sumber Kopi. Hal tersebut   disampaikan kepada pihak pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas terkait agar dapat memberi perhatian terhadap potensi kopi lokal yang ada di Kabupaten Deiyai.

Pigai mengatakan saat ini kopi di masyarakat di Kabupaten Deiyai  melimpah, namun perlu diurus secara administrasi agar mendapat persetujuan secara resmi  baik  pemerintah di tingkat provinsi hingga pemerintah di tingkat Pusat. Yakobus Pigai mengharapkan agar pihak pemerintah Provinsi dan Pusat dapat memberi perhatian agar kebun sumber benih kopi di Deiyai dapat terealisir dengan sesegera mungkin, agar kelak tidak ada lagi penyalahgunaan tugas dalam mengelolah kopi di Kabupaten Masyarakat.

Pigai telah mengadakan pertemuan dan menyerap aspirasi masyarakat terkait animo masyarakat pemilik lahan Kopi di Kabupaten Deiyai.  (JP*


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.