Header Ads

ads header

Janji Guru Kepada Murid Untuk Merai Sang Juara

 


Deiyai, AnakKampung.com – Salah satu momen yang saya tunggu  ketika sekolah dasar adalah pembagian raport, alasannya selain nilai raport-Nya ada hadiah yang dijanjikan oleh guru kepada salah satu murid, untuk peringkat satu sampai peringkat yang ke-lima. Hadianya cukup menarik bagi siswa saat itu yaitu pocer makan donat disebuah restoran yang paling bagus dan harganya pun  mahal.


Karena berusaha untuk mengejar nilai dan tentu saja donat, saya belajar dengan rajin dan biasahnya berakhir dengan makan donat di akhir semester.


Ketika merenungkan hal ini, saya disadarkan tentang hal terpeting dalam kehidupan manusia yaitu keselamatan. Rancangan semula Tuhan adalah menciptakan manusia yang memiliki keserupaan dengan Dirinya, Tetapi manusia pertama gagal.


Keselamatang adalah usaha Tuhan  untuk mengembalikan manusia ke rancangan semulah seperti ketika manusia belom jatuh kedalahm dosa. Melalui penebusan Tuhan Yesus di kayu salib, manusia memperoleh anugerah keselamatan.


Melalui anugerah itu, manusia  ditebus dari cara hidup yang salah dan memperoleh kesempatang untuk menjadi manusia yang dikehendaki Tuhan sehingga layak untuk tinggal bersamanya dengan Dia sampai selama-lamanya.


Ketika Guru saya berjanji memberikan donat bagi peringkat lima besar janji itu berlaku bagi semua murid di kelas tampa terkecuali, tetapi tidak semua berhasil mendapatkan-Nya. Untuk mendapatkan-Nya diperlukan perjuangan yaitu belajar dengan rajin, Begitu pun dengan keselamatan.


Janji keselamatan diberikan untuk semua manusia, tapi bukan berarti manusia bisah mendapatkan-Nya secara otomatis. Kita harus mewujudkan keselamatan bukan hanya percaya lalu perkataan dan pikiran, tetapi melalui tindakan Nyata yaitu hidup sesuai dengan pikiran dan perasaan Tuhan.


Orang percaya harus meresponi tujuan dan pengorbanan Tuhan Yesus sebagai tanggun jawab dengan sunggu-sunggu, berjuang melawan kodrat dosa yang sudah  melekat dalam diri manusia dan kemungkinan dosa yang masih bisah dilakukan di waktu mendatang.Orang percaya yang tidak memperjuangkan keselamatan ini, berarti mereka menyia-nyiakan anugerah keselamatan tersebut.


Untuk mendapatkan nilai rapot yang baik saya harus rajin membaca dan mempelajari buku pelajaran yang ada. Buku pelajaran adalah sarana untuk mencapai nilai yang saya inginkan dan mewujudkan janji donat.


Sama hal dengan Injil merupakan sarana orang percaya untuk mewujudkan keselamatan yang Tuhan janjikan.


Iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus, jadi ketika kita mendalami Alkitab sebagai Injil yang murni kita akan mengalami pembaharuan pikiran setiap hari, sehingga kita akan semakin mengenal Tuhan dan kebenaran-Nya.


Saya ingat duluh ampir setiap hari dengan sabar mama membimbing saya untuk mengerjakan tugas dirumah dan mempersiapkan saya untuk mengadapi ujian di sekolah, peran mama sangatlah penting untuk hasil rapot saya.


Dalam kehidupan rohani peran mama bisah digambarkan sebagai peran Roh Kudus sebagai pribadi yang akan menuntung kita kepada segalah kebenaran, sehingga kita dapat mengerti kehendak bapa, bapa yang baik yang berkenan dan yang sempurna.


Roh Kudus yang menungtung kita selama kita berlatih hidup sebagai warga kerajaan sorga, lewat perubahan cara hidup sesuai kehendak Bapa yang dimulai sejak sekaran dari perkara kecil dan berlanjut terus setiap hari untuk menjadi sempurna seperti Tuhan Yesus.


Demi nilai yang bagus dan tentu saja donat di akhir semester saya bersedia dilatih melalui tugas dan ujian yang diberikan oleh guru saya. Sewaktu mengerjakan tugas atau ujian, saya tidak mungkin meminta guru saya untuk menyelesaikan buat saya, sekali pun saya puji-puji atau saya sogok, saya yakin sebagai guru yang baik Dia akan membiarkan saya untuk menyelesaikan tugas dan ujian saya, begitupun dengan anugrah keselamatan bukan berarti kita hanya memuji-muji Tuhan dengan harapan Tuhan akan menyelesaikan masalah dan kita diselamatkan secara otomatis.


Untuk meresponi anugerah keselamatan berarti kita bersedia dilatih melalui sekolah kehidupan yang akan mengerak karakter kita, menyempurnakan kita, melalui segala peristiwa hidup yang terjadi setiap hari.


Ujian ekonomi, akan membentuk kita untuk gali potensi, produktif, bekerja jujur dengan cerdas, serta mengolah uang dengan baik.


Ujian kesehata, akan membentuk kita untuk menjaga pola makan, istrahat, dan olah raga yang sehimbang, bakan orang-orang disekitar kita yang terkesan tidak menyenangkan akan turut membentuk dan menyempurnakan karakter kita. Perubahan ini tidak hanya membuat menjadi exlusif dengan Tuhan saja, tapi hidup kita pun menjadi terang dan garam serta berarti bagi orang lain, dan Tuhan mewujudkan janjikan keselamatan untuk hidup kita.


Pada akhirnya segala perjuangan apa yang kita lakukan bukanlah sebagai jasa yang kita banggakan, karena keselamatan adalah anugerah, bukan karena perbuatang kita. Perjuangan kita di dunia adalah bentuk tanggun jawab dalam meresponi anugerah keselamatannya.


Mari berjuang mendapatkan rapot yang sempurna melalui sekolah kehidupan ini. Meresponi anugerah keselamatan berarti bersedia dilatih melalui sekolah kehidupan yang akan membentuk dan menyempurnakan kita setiap hari.


* KomunitasAnakKampung….###.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.